Blog Single

Tips Mudah Ganti Ban Sendiri

Salah satu skill harus yang wajib dipunyai oleh para pengendara mobil merupakan mengubah ban sendiri. Bayangkan saja, dikala lagi berkendara seketika ban mobil bocor. Di dikala yang sama, tidak terdapat bengkel di sekitarmu serta tidak terdapat satu orangpun yang dapat menolong kalian. Dalam keadaan semacam ini, menyalahkan kondisi tidak hendak membantu kita serta perihal ini bisa terjalin sewaktu- waktu tanpa kita duga sedikitpun. Selaku langkah penangkalan, kalian bisa kurangi efek tersebut dengan senantiasa mengecek kendaraan tiap kali hendak berkendara.

Sesungguhnya mengubah ban mobil bukan masalah susah. Sepanjang perlengkapan yang diperlukan seluruh ada serta menguasai metode yang benar tentang metode memutar baut, mengubah ban dapat dipelajari serta dipraktikan dengan kilat. Untuk kalian yang masih bimbang ataupun baru awal kali mau mengubah ban mobil, berikut panduan serta trik mengubah ban mobil yang benar.

Suasana mengubah ban mobil yang kerap terjalin secara tiba- tiba umumnya diakibatkan oleh keadaan ban yang rusak( rusak ban).Berikut ganti ban mobil dengan baik dan benar :

1. Yakinkan kalian tidak panik serta jangan menyudahi( rem) tiba- tiba.

Pertahankan laju

mobil kalian senantiasa normal hingga kalian menepi di tempat yang nyaman. Nyalakan lampu hazard selaku indikator kepada pengendara lain kalau kalian lagi hadapi permasalahan pada mobilmu. Posisikan transisi jadi“ netral” serta jangan kurang ingat buat mematikan mesin pula tarik rem tangan. Ini dicoba demi keamanan serta pengguna jalur yang lain buat menjauhi musibah beruntun. Sehabis itu, barulah kalian dapat mulai mengubah ban mobil.

2. Siapkan Dongkrak serta Ban Serep( Cadangan).

Kalian pasti tidak bisa mengubah ban tanpa perlengkapan yang mencukupi. Kalian pula harus mengenali letak dongkrak serta ban serep/ ban cadangan mobilmu. Umumnya ban serep terdapat di bagian dasar bagasi, sebaliknya dongkrak terdapat di dasar jok sofa depan penumpang ataupun di bagian samping balik.

metode melepas ban cadangan

Sehabis menepikan mobil di tempat yang nyaman serta menyalakan lampu hazard, perihal yang butuh dicoba berikutnya merupakan mempersiapkan alat- alat yang diperlukan mulai dari dongkrak mobil, kunci roda sampai ban cadangan. Ketiga perlengkapan tersebut wajib senantiasa dibawa serta siap di dalam bagasi mobil. Baca petunjuk pada dongkrak buat menaikan serta menurunkannya nanti.

letak dongkrak

3. Kendorkan Baut Ban tetapi jangan hingga membukanya sampai terlepas.

melepas baut ban mobil

Buat mengendurkan baut, tadinya buka penutup lubang baut bila memanglah terdapat. Cungkil penutup tersebut dengan obeng serta putar baut bertentangan arah jarum jam. Trik buat mengendurkan baut dengan gampang merupakan dengan mengendurkan baut yang silih berseberangan. Ulangi metode ini sampai seluruh baut kendur. Tetapi ingat, lumayan dikendurkan saja. Pada sesi ini yakinkan baut ban tidak terlepas.

4. Pasang Dongkrak Mobil

metode memasang dongkrak

Berarti buat dicermati! Pasang dongkrak di dekat ban yang mau ditukar, yakinkan pula buat memasang dongkrak pada struktur yang kuat. Titik terbaik buat memasang dongkrak merupakan pada titik dongkrak yang diisyarati dengan cekungan di dekat roda( semacam pada foto). Yakinkan pula dongkrak telah terletak dalam posisi tegak lurus. Berikutnya angkat ban dengan dongkrak tersebut sampai ban terangkat.

dongkrak mobil

Ingat, dikala mengangkut mobil dengan dongkrak perhatikan posisi dongkrak. Bila dongkrak nampak miring, jangan dipaksakan. Lekas turunkan dongkrak serta atur ulang posisi dongkrak tersebut.

5. Buka Seluruh Baut Ban

Sehabis ban terangkat, kalian dapat mulai membuka seluruh baut ban sampai terlepas seluruhnya. Jangan kurang ingat buat menaruh baut- baut tersebut supaya tidak lenyap. Lepas ban dari tempatnya serta letakkan ban pada tempat yang nyaman. Yakinkan meletakkan ban pada posisi tidur supaya ban tersebut tidak menggelinding.

6. Ambil serta Pasang Ban Cadangan

Turunkan ban cadangan dengan metode memutar baut ban serep nya ke arah kiri ataupun bertentangan arah dengan putaran jarum jam. Yakinkan ban tersebut terpasang dengan benar. Selaku panduan mengubah ban mobil, kalian dapat memasukkan ban sembari sedikit menggoyang- goyangkannya. Metode ini hendak mempermudah mendapatkan posisi yang pas. Dengan metode ini, tenaga yang dikeluarkan buat mengubah ban pula relatif tidak begitu besar.

7. Turunkan Dongkrak serta Kencangkan Baut

Ban saat ini sudah terpasang serta baut pula telah terletak di letaknya semula. Berikutnya, kalian dapat mulai merendahkan dongkrak. Yakinkan merendahkan dongkrak secara lama- lama serta hati- hati. Bila ban telah hingga ke tanah, lepas dongkrak serta kencangkan baut satu demi satu. Kencangkan dengan memakai metode yang sama semacam tadinya ialah dengan pola bersilang. Pada dikala ini, yakinkan seluruh baut terpasang dengan kencang. Bila butuh, kalian dapat memakai kaki buat lebih meyakinkan dengan metode menginjaknya

8. Kembalikan Perlengkapan ke Tempat Semula

Sehabis ban cadangan terpasang dengan sempurna, jangan kurang ingat buat mengembalikan seluruh perlengkapan ke tempatnya semula. Jangan hingga terdapat perlengkapan yang tercecer. Dikala terdapat peluang, perbaiki ban mobil yang bocor tadi supaya dapat digunakan kembali. Sangat berarti buat senantiasa mempunyai ban cadangan supaya Kamu senantiasa siap bila ban mobil kalian kembali bocor.

Panduan Menjaga Ban Mobil Supaya Senantiasa Awet

Ban mobil yang terpelihara dengan baik telah tentu lebih tahan lama serta tidak gampang bocor. Salah satu pemicu seringnya ban bocor merupakan keadaan ban yang telah tidak layak lagi. Sebab itu dengan menjaga ban mobil dengan metode yang pas, permasalahan semacam ban bocor pula hendak menurun. Kalian pula tidak butuh sangat kerap mengubah ban mobil lagi.

1. Jaga Tekanan Ban Mobil

Idealnya kalian wajib mengecek tekanan ban tiap kali hendak berkendara. Tetapi bila perihal tersebut tidak membolehkan, mengecek tekanan ban seminggu ataupun sebulan sekali. Ban mobil yang kurang angin bisa jadi nampak semacam permasalahan sepele. Tetapi bila dibiarkan berlarut- larut, keadaan ini dapat mempersingkat masa gunakan ban itu sendiri. Ini pula sebab ban yang kurang tekanan dapat memperbesar gesekan antara ban dengan aspal. Dampaknya, ban jadi lebih kilat halus.

2. Cek Keadaan Ban secara Berkala

Keadaan ban yang telah halus pasti dapat membahayakan pengemudi serta penumpang. Buat itu, yakinkan senantiasa buat mengecek kondisinya paling tidak sebulan sekali. Bila dirasa butuh, kalian pula dapat melaksanakan spooring serta balancing.

3. Jangan Berkendara dengan Muatan Berlebih

Bisa jadi ini memanglah nampak simpel. Tetapi berkendara dengan muatan berlebih dapat menimbulkan tekanan berlebih pada ban. Bila beban yang diangkut telah terlampaui besar, bukan tidak bisa jadi ban mobil kalian rusak. Pasti saja ini dapat sangat beresiko bila lagi berkendara dalam kecepatan besar.

Jasa Ganti Ban Mobil Di Rumah

Ottoban Karawang Menyediakan Velg dari AMW Wheel dan Ban Mobil Berkualitas Terbaik dari Toyo Tires, Accelera, Forceum, Zeetex, Landsail, Delinte, GT Radial dan Michelin.

×

Hello!

Klik Ikon Dibawah Untuk Terhubung Dengan Marketing Kami

× Chat